Struktur Organisasi PT. UNILEVER

Dalam suatu perusahaan diperlukan adanya kegiatan-kegiatan manajemen yang baik dan terarah. Salah satu fungsi manajemen itu adalah pengorganisasian, yaitu suatu proses penentuan dan pengelompokan peraturan dan macam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan, menempatkan orang-orang pada tanggung jawab masing-masing bagian sehingga mempermudah pimpinan untuk mengadakan pengawasan dan meminta tanggung jawab atas tugas yang telah dibebankan pada masing-masing bagian, menetapkan wewenang secara langsung didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan aktivitas. Dengan adanya penyusunan organisasi tersebut PT. Unilever Indonesia, Tbk dalam kegiatannya akan berjalan dengan lancar sebagaimana yang diharapkan oleh sebuah organisasi. Adapun struktur organisasi PT. Unilever Indonesia, Tbk sebagai berikut:
Struktur Organisasi
PT. Unilever Indonesia Tbk
Diketuai oleh Presiden Direktur, lalu dibawahnya ada;
-> 1.Audit Internal           2. Sekretaris Perusahaan
-> 1. Direktur Home & Personal Care           2. Direktur Foods
3. Direktur Ice Cream & Marketing Service          4. Direktur Supply Chain            5. Direktur Customer Development             6. Direktur Human Resource & Corporate
Sumber: PT. Unilever Indonesia, Tbk

Pada bagan Pembagian struktur organisasi PT Unilever Indonesia di atas , dapat diketahui bahwa Pembagiannya berdasarkan pada product yang dihasilkan oleh masing masing divisi , dan juga dibagi berdasarkan fungtionalnya , berikut adalah perinciannya:
Pembagian pertama adalah berdasarkan pada product yang dihasilkan:
A. Director Food adalah orang yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan Unilever
B. Director Ice Cream adalah orang yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk ice cream yang dihasilkan Unilever

Pembagian kedua adalah berdasarkan functionalnya:
A. Chief financial officer adalah orang yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengansemua keuangan yang ada pada Unilever.
B. Home dan personal care adalah bekerja mengurusi semua yang ada di dalam perusahaan , berkaitan dengan individu kepegawaian.
C. Supplaychain adalah bagian untuk Mengatasi permasalahan bahan baku (suply chain)
D. Customer development adalah bagian untuk mengurusi tentang masalah customer, merangkul customer sebanyak banyak nya.
E. Human Resources dan corporate relation: adalah bagian untuk human resource dan hubungan antar perusahaan atau yang bekerjasama dengan perusahaan.

Referensi

Komentar

  1. Thanks to Share :) .
    I have to benefit this to finish my home work about Organisation Jurnalism.
    fortunately, beside of working excercises, these can be my reverence to considerate Unilever as my Investation purpose. thanks ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan PT. UNILEVER

MANAJEMEN KAPASITAS (CAPACITY MANAGEMENT)