Tugas 2 : Peng. Animasi & Desain Grafis#

SOFTWARE UNTUK MEMBUAT ANIMASI

A. Auto Desk 3D Studio

                Autodesk 3ds Max sebelumnya 3D Studio MAX saja, adalah pemodelan, animasi dan paket rendering yang dikembangkan oleh Autodesk Media dan Entertainment. Memiliki kemampuan model, arsitektur plugin yang fleksibel dan dapat digunakan pada platform Windows Microsoft. Hal ini dapat digunakan oleh pengembang permainan video, studio TV komersial dan studio visualisasi arsitektur. Hal ini juga digunakan untuk efek film dan pra-visualisasi. Selain model dan alat animasi, dengan versi terbaru dari 3ds Max juga fitur shader canggih (seperti ambient occlusion dan subsurface scattering), simulasi dinamis, sistem partikel, radiosity, peta penciptaan normal dan rendering, pencahayaan global, intuitif dan semuanya disesuaikan keinginan pengguna, dan bahasa scriptnya sendiri. 
Kegunaan Autodesk 3D Studio
- Dapat menunjukkan kepada pelanggan potensial, departemen lain atau atasan anda tentang ide- ide atau produk baru secara lebih jelas untuk mendapatkan tanggapan mereka sebelum memasuki proses produksi sehingga banyak biaya dan waktu yang dapat anda hemat.
- Dapat menjual sebuah produk terlebih dahulu bahkan sebelum produk benar-benar selesai diproduksi, karena produk tersebut telah anda visualisasikan secara nyata, tepat dan berpresisi tinggi mendekati wujud akhirnya melalui 3d.
- Dapat membantu anda dalam memvisualisasikan proeyk-proyek arsitektur anda

System Requirement
- 32-Bit 3ds Max 2011 atau 3ds Max Design 2011 untuk Windows. Sistem operasi: Microsoft ® Windows ® 7 Professional, Microsoft ® Windows Vista ® Business (SP2 atau yang lebih tinggi), atau Microsoft ® Windows ® XP Professional (SP2 atau yang lebih tinggi).
- Untuk animasi umum dan rendering (biasanya kurang dari 1.000 benda atau 100.000 polygons) :
• Intel ® Pentium ® 4 1,4 GHz atau AMD ® setara dengan teknologi prosesor SSE2 *
• 2 GB RAM (4 GB recommended) 2 GB RAM (4 GB direkomendasikan)
• 2 GB swap space (4 GB recommended)** 2 GB swap space (4 GB direkomendasikan) **
• 3 GB free hard drive space 3 GB free hard drive space
• Direct3D® 10 technology, Direct3D 9, or OpenGL®-capable graphics card† (256 MB or higher video card memory, 1 GB or higher recommended) Direct3D ® 10 teknologi, Direct3D 9, atau kartu grafis mampu ®†-OpenGL (256 MB atau lebih tinggi kartu memori video, 1 GB atau lebih tinggi direkomendasikan)
• Three-button mouse with mouse driver software Tiga-tombol mouse dengan perangkat lunak driver mouse.
• DVD-ROM drive† † DVD-ROM drive† †
• Microsoft® Internet Explorer® 7.0 or higher or Mozilla® Firefox® 2.0 or higher browser Microsoft ® Internet Explorer ® 7.0 atau yang lebih tinggi atau Mozilla ® Firefox ® 2.0 atau yang lebih tinggi browser
• Internet connection for web downloads and Autodesk® Subscription-aware access Koneksi internet untuk download akses web dan Autodesk ® Berlangganan-aware

Kelebihan Autodesk 3D Studio
Aplikasi :
- Merancang Interior
- Teknik Arsitektur
- Teknik Mesin
- Merancang Listrik
Membuat 3D yang menakjubkan dalam waktu kurang dengan Autodesk 3ds Max software. Pemodelan 3D dengan fitur lengkap, animasi, dan solusi rendering digunakan untuk menghasilkan game terlaris dan film pemenang penghargaan dan konten video. Ini adalah alat pilihan untuk cepat menghasilkan karakter realistis, efek CG mulus, rahang-menjatuhkan permainan, dan film atas kualitas dan konten televisi. Toolsets Enhanced memungkinkan Anda untuk menciptakan lingkungan 3D Anda seperti yang Anda inginkan, mengelola adegan kompleks, dan mengambil keuntungan dari interoperabilitas perangkat lunak ditingkatkan dan dukungan pipa-integrasi. 

Kekurangan Autodesk 3D Studio
3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.

B. Blender 3D

Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Kegunaan Blender 3D
Software Blender ini berguna untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Aplikasi Blender ini memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital serta rendering. Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
System Requirement
- 32-bit dual core 2Ghz  CPU with SSE2 support.
- 2GB RAM
- 24 bits 1280×768 display
- Mouse or Trackpad
- OpenGL-compatible graphics card with 256 MB RAM
Kelebihan Blender 3D
- Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
- Tidak berat saat melakukan render
- Open Source
- Multi Platform
- Update
- Free
- Lengkap
- Komunitas Terbuka

Kelemahan Blender 3D
- Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
- Tampilan cukup berantakan
- Semua proses dilakukan dengan manual

C. Maya 3D

Maya adalah aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan aset 3D untuk digunakan dalam film, pengembangan televisi, permainan dan arsitektur. Pengguna menentukan ruang kerja virtual (TKP) untuk menerapkan dan mengedit media suatu proyek tertentu. Adegan dapat disimpan dalam berbagai format, default-nya adalah mb (Binary Maya). Maya memperlihatkan arsitektur grafik simpul. Elemen yang node-based, setiap node memiliki atribut sendiri dan kustomisasi. Akibatnya, representasi visual dari sebuah adegan didasarkan sepenuhnya pada jaringan, tergantung pada informasi satu sama lain. Untuk kenyamanan melihat jaringan ini, ada ketergantungan dan grafik asiklik diarahkan.
Kegunaan Autodesk Maya
Sebagai software modeling dan animasi 3D dapat dikatakan Maya adalah software 3D yang terpopuler kalau bukan yang terbaik pada masa kini, baik untuk modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan character animation. Oleh karena itu, Maya memang lebih banyak digunakan untuk membuat character modeling dan animasinya, serta untuk mendesain efek spesial. Sedemikian komersilnya software Maya hingga industri perfilman Hollywood banyak menggunakannya dalam karya mereka, baik untuk pembuatan video clip, film animasi, seperti Finding Nemo, film pendek hingga karya besar berupa film kolosal semacam Lord of the Ring. Bahkan Alias Wavefront, pengembang software Maya, menerima penghargaan berupa piala Oscar untuk film Lord of the Ring.
Selain itu, Maya juga digunakan untuk membuat model-model 3D untuk keperluan produksi Game. Salah satu yang paling terkenal adalah Grand Tourismo. Buku ini menguraikan dengan gamblang bagaimana menggunakan Maya 5.0 untuk keperluan modeling 3D, animasi 3D, material, dan pencahayaan. Kekuatan utama buku ini terletak pada tutorial kasus yang menuntun Anda untuk menguasai Maya dengan cara belajar sambil bekerja (learning by doing). Setiap langkah-langkah penting dalam tutorial tersebut dilengkapi dengan penjelasan yang menguraikan fungsi dari langkah tersebut. Jika Anda seorang pemula atau bahkan belum pernah menggunakan Maya dan ingin menguasai bagaimana membangun desain 3D dan membuat animasi 3D menggunakan Maya, mungkin buku ini dapa menjadi "guru" yang menuntun Anda untuk menguasai Maya. Meskipun demikian, buku ini mengasumsikan bahwa Anda sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows. Pembahasan dalam buku ini mencakup: - Alur kerja dan interface Maya 5.0 - Modeling - Material, Tekstur, dan Pencahayaan – Animasi.
System Requirement
- Processor : Intel Pentium 4 or higher, AMD Athlon 64, AMD Opteron processor, AMD Phenom processor
- Video Card : Qualified hardware-accelerated OpenGL graphics cards
- Memory : 2 GB, 4 GB for 64-bit OS
- Hard Drive : 10 GB
- Optical Drive : DVD-ROOM
- Internet Browser : Microsoft Internet Explorer 7.0 or higher, Apple Safari, or Mozilla Firefox, or Google Chrome

Kelebihan Maya 3D
Maya 3D memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3-D kustom dan memungkinkan pengguna untuk secara bebas dan mudah memanipulasi masing-masing titik individu yang memungkinkan untuk rasa kontrol dan fleksibilitas. Maya 3D memiliki kemampuan yang baik untuk kerajinan karya-karya seni visual jika digunakan dengan benar. Ini memiliki kekuatan besar dalam menyediakan pengaturan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu membuat objek terlihat lebih realistis.
Kekurangan Maya 3D
Meskipun Maya 3D adalah sebuah alat yang sempurna untuk kerajinan karya seni visual yang indah masih mengandung beberapa kelemahan yang Anda harus sadar. 3D Maya tidak berisi fitur Bi-PED seperti 3ds Max, yang berarti bahwa untuk menciptakan struktur rangka untuk karakter pengguna banyak membangun satu set “tulang,” banyak seperti membangun kerangka dari bawah ke atas. Hal ini dapat memakan waktu untuk melakukannya, terutama jika Anda membuat kelompok besar karakter untuk film atau video game. Juga, antarmuka untuk Maya 3D belum tentu sesuatu yang baik untuk pemula dan mungkin membingungkan beberapa pengguna pertama kali.

Kesimpulan
Menurut saya, dan sependengar saya. Saya lebih sering mendengar Blender jika untuk software animasi. Mungkin karena tidak membutuhkan spesifikasi PC yang terlalu berat, software yang ringan serta free. Adapun kelebihan yang dimiliki Blender disbanding yang lain adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.

Referensi
http://bentleyangel.blogspot.co.id/2011/07/spesifikasi-aplikasi-komputer-grafik.html
https://winpoin.com/blender-aplikasi-pengolah-3d-gratis/
http://www.blogsejutaumat.com/2015/04/kelebihan-dan-kekurangan-blender-3d-max-autocad.html
https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/
https://alulrizqi.blogspot.co.id/2016/09/perkembangan-kegunaan-aplikasi-blender.html
https://indahamalia25.wordpress.com/2013/05/05/tren-tik-autodesk-maya/
http://dwiadywijaya.blogspot.co.id/2014/05/multimedia_9884.html
http://okihardy99.blogspot.co.id/2014/12/software-desain-pemodelan-grafik.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Organisasi PT. UNILEVER

Kelebihan dan Kekurangan PT. UNILEVER

MANAJEMEN KAPASITAS (CAPACITY MANAGEMENT)