Kegelisahan dan Harapan

Pengertian Kegelisahan
Apa yang kalian ketahui tentang arti dari kegelisahan?mari kita bahas pengertian kegelisahan.Kegelisahan adalah suatu rasa yang terdapat di dalam hati dimana hati terasa tidak terasa tentram dan selalu merasa khawatir atupun cemas.Biasanya bila mengalami kegelisahan akan mempengaruhi gerak tubuh kita dari biasa ataupun yang selalu bergerak mondar-mandir.kegelisahan bisa juga disebut kecemasan.Biasanya bila hati kita cemas maka rasa takut tau khawatir akan gampang merasuki diri kita.Salah satu yang memicu cemas adalah frustasi dalam mslah papun.

Sebab-Sebab Orang Gelisah
Gelisah terkadang membuat seseorang tidak nyaman. Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir,
dan cemas. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan orang-orang menjadi
gelisah. Diantaranya :
1. Panik
Panik adalah sebuah perasaan dari ketakutan dan kecemasan. Panik merupakan ketakutan dan kecemasan yang terjadi secara mendadak dari sebuah peristiwa yang terjadi. Rasa panik dapat menyebabkan seseorang menjadi gelisah.
Dengan adanya rasa panik otomatis timbulnya perasaan tidak tenang dan
mengakibatkan seseorang menjadi gelisah.
2. Kesulitan ekonomi
Kesulitan ekonomi merupakan kesulitan yang dialami ketika seseorang merasakan kondisi sulit dalam kehidupan ekonomi. Seperti hal nya tidak mempunyai uang atau kelangkaan dalam suatu barang pemuas kebutuhan. Dengan adanya kesulitan ekonomi, ada beberapa orang yang merasa terdesak dan gelisah untuk berfikir bagaimana caranya agar bisa menyelesaikan kesulitan ekonomi tersebut.
3. Persiapan yang tidak matang
Segala sesuatu kegiatan yang dilakukan, harus dengan persiapan yang matang. Apabila kita akan melakukan sesuatu  tetapi  belum ada persiapan yang matang, maka dapat terjadi kegelisahan. Contoh nya seperti dalam menghadapi ujian, tetapi  belum ada persiapan yang matang dalam menjalani ujian tersebut, maka kemungkinan perasaan gelisah akan timbul.

Usaha-Usaha Mengatasi Kegelisahan
1. Hindari perbuatan salah / dosa
Contoh kasus : jika kita sedang mengendarai motor, maka patuhilah peraturan berkendara yang telah ditetapkan. Jadi, jika ada operasi tidak akan membuat kita gelisah karena misalnya tidak punya SIM, tidak pakai helm standar dll. Begitu pula dalam kehidupan beragama, jalankanlah ajaran agama dengan benar agar tidak menimbulkan rasa berdosa di kemudian hari kelak.
2. Berperilaku jujur
Misalnya, jujur kepada orang lain mengenai siapa diri kita sebenarnya. Tak perlu sok-sokan bergaya ini-itu jika nyatanya tidak benar / bohong belaka. Ingatlah kalau membuat satu kebohongan dapat menciptakan banyak kebohongan lainnya kemudian.
3. Percaya diri
Contoh kasus : mungkin kita gelisah atau merasa minder saat bergaul dengan orang-orang yang kita rasa mereka lebih pintar dari kita. Percayalah, bahwa Tuhan menganugerahkan kemampuan yang berbeda-beda pada makhluknya. Jika mereka lebih pintar daripada kita pada satu bidang, belum tentu kita tak akan lebih pintar daripada mereka di bidang yang lain.
4. Mendengarkan musik
mungkin akan bisa sedikit meredakan perasaan gelisah kita jika memang perasaan gelisah tersebut sudah memuncak, cobalah putar musik yang sekiranya bisa mengalihkanmu.
5. Evaluasi diri
Mungkin perasaan gelisah yang sedang kita alami adalah merupakan akibat suatu kesalahan yang pernah kita lakukan. Coba telusuri, dan cobalah untuk memperbaikinya. Jadikan yang sudah berlalu sebagai pengalaman hidup. Mulailah hari-hari baru dan jangan pernah melakukan kesalahan yang sama.
6. Jangan segan untuk meminta maaf
Jika pernah berbuat salah kepada seseorang, jangan segan untuk meminta maaf. Begitu sebaliknya, jangan pernah ragu untuk menerima permintaan maaf dari seseorang yang pernah berbuat salah terhadap kita.

Pengertian Harapan
Apa yang kalian ketahui tentang arti dari harapan ?Mari kita bahas pengertian dari harapan.Harapan berasal dari kata harap,artinya keinginan supaya sesuatu terjadi.Yang mempunyai harapan atau keinginan itu hati.Putus harapan berarti putus asa.Tanpa harapan manusia tidak ada artinya sebagai manusia.Manusia yang tak mempunyai harapan berarti tak dapat diharapkan lagi.Menurut kodratnya dalam diri mnusia ada dorongan yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.
Dorongan kodrat itu ialah menangis ,tertawa, berpikir, berkata, bercinta ,mempunyai keturunan dan lai sebgainya.Kebutuhan hidup ialah kebutuhan jasmani dan rohani .Kebutuhan jasmani ialah : pangan,sandang dan papan.sedangkan kebutuhan rohani meliputi : kebahagiaan,kesejahteraan ,kepuasan hiburan ,dan sebagainya.Setiap manusiaa mempunyai hrapan ,manusia yang tanpa harapan ,berarti manusia itu mati dalam hidup.Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan,biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya.
Harapan berasal dan kata harap yang berrti keinginan supaya sesuatu terjadi sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi.Dengan demikian harapan menyangkut masa depan.Jadi untuk mewujudkan harapan itu harus disertai dengan usaha yang sesuai dengan apa yang diharapkan bila dibandingkan dengan cita-cita,maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk,sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintang.Antar hrapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu :
- Keduanya menyangkut msa depan karena belum terwujud
- Pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.

Mengapa Manusia Harus Mempunyai Harapan &  Doa?
Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langusung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni di tengah suatu keluarga atau anggota masyarakat lainnya. Tidak ada satu manusiapun yang luput dari pergaulan hidup. Ditengah – tengah manusia lain itulah, seseorang dapat hidup dan berkembang baik fisik/jasmani maupun mental/ spiritualnya. Ada dua hal yang mendorong orang hidup bergaul dengan manusia lain, yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.
• Dorongan kodrat
Kodrat ialah sifat, keadaan, atau pcmbawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan. Misalnya menangis, bergembira, berpikir, berjalan, berkata, mempunyai keturunan dan sebagainya. Setiap manusia mempunyai kemampuan untuk itu semua.
Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis, tertawa, bergembira, dan scbagainya. Seperti halnya orang yang menonton Pertunjukan lawak, mereka ingin tertawa, pelawak juga mengharapkan agar penonton tertawa terbahak-bahak. Apabila penonton tidak tertawa, harapan kedua belah pihak gagal, justru sedihlah mereka.
Kodrat juga terdapat pada binatang dan tumbuh-tumbuhan, karena binatang dan tumbuhan perlu makan, berkembang biak dan mati. Yang mirip dengan kodrat manusia ialah kodrat binatang, walau bagaimanapun juga besar sekali perbedaannya. Perbedaan antara kedua mahluk itu, ialah bahwa manusia memiliki budi dan kehendak. Budi ialah akal, kemampuan untuk memilih. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan, sebab bila orang akan memilih, ia harus mengetahui lebih dahulu barang yang dipilihnya. Dcngan budinya manusia dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang
salah, dan dengan kehendaknya manusia dapat memilih. Dalam diri manusia masing-masing sudah terjelma sifat, kodrat pembawaan dan kemampuan untuk hidup bergaul, hidup bermasyarakat atau hidup bcrsama dengan manusia lain. Dengan kodrat ini, maka manusia mempunyai harapan.
• Dorongan kebutuhan hidup
Sudah kodrat pula bahwa manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup itu pada garis besamya dapat dibedakan atas : kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani
Kebutuhan jasmaniah misalnya ; makan, minum, pakaian, rumah. (sandang, pangan,
dan papan), ketenangan, hiburan, dan keberhasilan.
Untuk memenuhi semua kebutuhan itu manusia bekerja sama dengan manusia lain.
Hal ini disebabkan, kemampuan manusia sangat terbatas, baik kemampuan fisik/jasmaniah
maupun kemampuan berpikimya.
Dengan adanya dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia
mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya.
Menurut Abraham Maslow sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan
manusia itu ialah :
a) kelangsungan hidup (survival)
b) keamanan ( safety )
c) hak dan kewajiban mencintai dan dicintai (be loving and love)
d) diakui lingkungan (status)
e) perwujudan cita-cita (self actualization)

Bagaimana Seseorang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Dari Harapan & Doa?
Dalam setiap harapan pasti ada kepercayaan, baik itu kepercayaan terhadap diri sendiri, orang lain, pemerintah maupun kepada Tuhan, karena kepercayaan dapat membantu seseorang untuk mewujudkan yang diinginkannya. Harapan seseorang juga ditentukan oleh usaha atau kerja keras yang dilakukannya. Seseorang yang bekerja keras akan mempunyai harapan yang besar. Jika kemampuan seseorang kurang tetapi ia mempunyai harapan yang besar, biasanya disertai dengan unsur dalam, yaitu berdoa.

Contoh Kasus
1. Waspadalah! Banjir Jakarta Diprediksi Pekan Ketiga Januari 2015
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi curah hujan tinggi akan turun pada Desember 2015 mendatang. Banjir di Jakarta diperkirakan terjadi pada minggu ketiga Januari 2015.
"Curah hujan di DKI Jakarta diperkirakan 100-200 mm per hari. Ancaman banjir pada minggu ketiga Januari 2015 akan tersebar di 37 kecamatan, 125 kelurahan dan 634 RW," ujar Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto.
Hal itu disampaikan Tri dalam jumpa pers 'Penanganan Bencana Asap dan Banjir Nasional, khususnya di Jakarta' di kantor BNPB, Jl Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (18/11/2014).
Menurut Tri, diperkirakan jumlah penduduk yang akan terdampak banjir yakni 276.999 jiwa. Penduduk yang terancam jiwa diperkirakan 20 orang, penduduk yang sakit 19.304 orang dan diperkirakan jumlah penduduk yang akan mengungsi 122.417 orang.
BNPB telah siap mengatasi banjir di Jakarta berupa membangun tanggul pengaman rob di Kamal Muara, Muara Baru, Kali Baru, Martadinata, dan Muara Angke, membangun sumur resapan, baik dangkal, sedang dan dalam. Serta mengeruk sungai, waduk dan saluran, normalisasi Kali Pesanggarahan, Kali Angke, dan Kali Sunter serta revitalisasi Kali Ciliwung.
Selain BNPB, Kemensos memastikan stok logistik aman di semua daerah rawan banjir dan longsor. Kemensos akan menyiapkan cadangan beras pemerintah masing-masing kabupaten atau kota 100 ton dan provinsi 200 ton.
"Jika masih kurang bisa dimintakan ke pusat," tuturnya.
Basarnas, lanjut Tri menyiapkan Tim SAR yang dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pertolongan di semua kantor SAR dan pos SAR di seluruh Indonesia. TNI Polri juga siap dimobilisasi di wilayah kerja masing-masing berdasarkan wilayah daerah setempat.

2. Jakarta (ANTARA News) - Kabinet Kerja untuk lima tahun mendatang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK), Minggu (26/10), dan masyarakat menginginkan ada perubahan lebih maju.
Sakron (44), ayah dua anak yang mengaku sudah menjadi supir bajaj sejak 1987 hingga sekarang, mengungkapkan bahwa pemerintah yang baru harus bekerja untuk kepentingan rakyat.
"Semoga pemerintahan yang baru ini bekerja benar-benar untuk kepentingan rakyat," kata Sakron kepada Antara News, Senin, (27/10). "Karena kok rasanya belum ada presiden yang mikirin rakyat."

Sakron juga berkata, "Semoga benar ada perubahan, karena jika tidak ada perubahan sama saja bohong. Dan Presiden Jokowi harus buktikan janjinya."
Sementara supir angkot yang mengaku bernama Jodi (53) mengatakan, "Semoga bisa mudah cari uang."
"Sekarang kita supir angkot, kayak tukang becak. Dulu dalam sehari, buat makan saja lebih dan bisa sedikit-sedikit nabung. Sekarang pas-pasan," katanya lagi.
Martha Destri (21), salah seorang mahasiswi di perguruan tinggi di Depok berharap masyarakat lebih sejahtera dan pendidikan lebih merata.
"Harapannya kesejahteraan masyarakat merata, tetapi mungkin sulit dan butuh bertahun-tahun. Tetapi semoga berkurang rakyat kecil di Indonesia," kata Martha.
"Selain itu, penddidikan murah. Dan pengen Indonesia bisa dikenal di mata dunia karena pendidikan dan kebudayaannya," katanya lagi.
Sementara Culeti (32), seorang ibu rumah tangga berharap agar kebutuhan pokok dan pendidikan murah.
Saat para menteri pembantu pemerintahan Jokowi-JK diumumkan tak sedikit yang berkicau di twitter mengemukakan harapannya.
Seperti kata @MohammadAzwan14, "New Hope, New Future, and New President."
Selain itu, @aditya_s4hl berkicau, "Good luck for cabinet Jokowi-jk #salam3jari #KabinetKerja.
@sugih_31 berkicau, "Sukses untuk Menteri Perindustrian pak M Saleh Husin, semoga perindustrian indonesia makin maju pak ! #indonesia #KabinetKerja."
Sementara akun twitter Ayah dari Kevin Aprilio, @addiems memberikan ucapan selamat bekerja kepada para menteri baru @ferrymbaldan, @andrinof_a_ch, @aniesbaswedan, dan @Ryamizard_R.


Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Organisasi PT. UNILEVER

Kelebihan dan Kekurangan PT. UNILEVER

MANAJEMEN KAPASITAS (CAPACITY MANAGEMENT)